Senin, 26 September 2011

Pencucian Uang paling terkenal





Pencucian Uang, secara sederhana Pencucian Uang adalah proses di mana uang tunai yang diperoleh secara ilegal dibuat untuk tampil seolah-olah telah diperoleh dengan cara hukum. Dana tersebut dipindahkan ke rekening yang valid atau bisnis dalam rangka untuk menyembunyikan atau menyamarkan jejak keuangan yang mengarah kembali ke kegiatan kriminal. Pada tahun 1996, diperkirakan bahwa antara 2 hingga 5 persen dari produk domestik bruto dunia terdiri dari uang dicuci. Itu banyak uang kotor dibuat agar terlihat lebih putih dari putih. Berikut ini kami sajikan sepuluh kasus pencucian uang yang paling terkenal abad ke-20 ...

10. Sani Abacha





Selama lima tahun pemerintahan Sani Abacha (1993-1998) sebagai diktator militer Nigeria dia dan keluarganya berhasil mentransfer dana nasional hingga £ 5 miliar ($ 8 miliar) ke rekening-rekening bank asing. Dipasang oleh Transparency International sebagai pemimpin paling korup keempat dalam sejarah, Abacha disebut sebagai bertanggung jawab atas penjarahan grosir hingga 10% dari pendapatan nasional Nigeria. Setelah kematiannya yang mendadak pada tahun 1998 - mungkin karena keracunan - pemerintah Nigeria bisa pulih $ 2 miliar dana. Keluarga Abacha bersikeras hingga hari ini bahwa sejumlah besar uang yang dihasilkan adalah legal.

9. Para BCCI Skandal
 

Pada puncaknya, the Bank of Credit and Commerce International (BCCI) adalah bank swasta terbesar ketujuh di dunia. Namun, selama pertengahan 1980-an bank ditemukan untuk terlibat dalam kegiatan berbagai penipuan termasuk sejumlah besar pencucian uang. Miliaran keuntungan kriminal, termasuk uang obat, pergi melalui rekening nya. Bank tidak terlalu pilih-pilih pelanggan, seperti : klien termasuk Saddam Hussein, mantan diktator militer Panama Manuel Noriega, dan Palestina Abu Nidal pemimpin teroris. Hal ini juga telah menuduh bahwa CIA menggunakan rekening di BCCI untuk mendanai Mujahidin Afghanistan selama perang dengan Uni Soviet pada 1980-an.

8. Para Benex Skandal


Dalam apa yang menjadi dikenal sebagai "Skandal Benex," sejumlah besar uang dengan link diduga mafia Rusia membuat jalan ke "Benex Worldwide" rekening di Bank of New York, salah satu bank tertua Amerika dan paling bergengsi. Ini "capital flight" atau pelarian modal  yang disebut uang - istilah ekonomi diterapkan saat uang atau aset cepat mengalir keluar dari negara - kemudian didistribusikan antara berbagai perusahaan-perusahaan Eropa sebelum kembali ke Rusia. Diperkirakan bahwa antara 1996 sampai 2002 antara $ 7 - $ 9 miliar dicuci melalui Bank rekening New York. Setelah operasi polisi besar-besaran, banyak penangkapan dilakukan.

7. Franklin Jurado
 

Pada tahun 1996, Harvard Franklin Jurado mengaku bersalah untuk pencucian $ 36.000.000 atas nama obat Kolombia tuan José Santacruz-Londono. Menggunakan kecerdasan ekonomi, Jurado pindah ke profit kokain jauh dan luas dalam upaya untuk membuat mereka tampak seperti penghasilan yang sah. Setelah disalurkan melalui berbagai bank-bank Eropa dan perusahaan, dana akhirnya akan membuat jalan mereka kembali ke bisnis Santacruz-Londono di Kolombia. Akhirnya, jatuhnya bank di Monako disorot keneksi Jurado untuk beberapa account. Sebuah bank yang sangat bising akan mesin hitung di rumahnya di Luksemburg tidak membantu tujuannya. Dia dijatuhi hukuman tujuh setengah tahun penjara.

6. Nauru


Nauru adalah sebuah pulau kecil Pasifik, 1.200 mil di lepas pantai New Guinea. Ini mungkin menjadi salah satu tempat paling jelas di bumi. Namun, ini jarang diketahui jika daratan ini juga merupakan pusat dari beberapa kegiatan pencucian uang tertinggi tahun terakhir. Pada akhir 1990-an, kelompok kriminal Rusia mencuci sekitar $ 70 miliar melalui "shell banks" terdaftar di Nauru. Shell bank hanya ada "di atas kertas" (mereka tidak memiliki kehadiran fisik di negara manapun), dan Nauru memungkinkan bank untuk beroperasi tanpa merekam identitas pelanggan atau jejak uang yang didepositokan dalam rekening nya. Semua yang membuat mereka sangat populer dengan pencucian uang. Sejak tahun 2001, Nauru telah mengambil langkah-langkah untuk membersihkan tindakan dan telah menerima bantuan keuangan dari Australia.

5. Al Capone






Yang paling dikenal dari mafia Amerika berada di garis depan atas kelahiran skema pencucian uang modern. Diperkirakan bahwa ia mencuci $ 1.000.000.000 melalui berbagai bisnis. Bisnis pertamanya berada di binatu, yang karena kas dioperasikan sangat membantu dalam menyembunyikan dan menyamarkan keuntungan ilegal. Fakta bahwa Capone memanfaatkan perdagangan binatu sering diberikan untuk "pencucian" namun hal ini masih diperdebatkan. Capone akhirnya didakwa pada tahun 1931 untuk kejahatan keuangan yang berbeda: penggelapan pajak.

4. Meyer Lansky
Berikutnya, masih satu zaman dg Capone, pria kelahiran Polandia "akuntan mafia itu" Meyer Lansky, menyimpulkan bahwa dia perlu untuk menyembunyikan akar dari uang yang diperoleh melalui cara ilegal untuk menghindari hukum. Telah dikatakan bahwa ia dapat dianggap sebagai penetap bentuk modern dari pencucian uang. Dia menyedot sekitar $ 1 milyar dari kerajaan kasino tumbuh ke dalam rekening bank Swiss dan bisnis di Hong Kong, Amerika Selatan dan Karibia. Dia tidak pernah dihukum dan meninggal pada tahun 1983 dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar $ 100 juta.

3. Ferdinand Marcos




Ferdinand Marcos, seorang mantan pengacara, adalah presiden Filipina 1965-1986 sebelum dikeluarkan dari kekuasaan oleh pemberontakan rakyat. Selama pemerintahannya ia dicuci miliaran dolar dana publik dicuri melalui bank-bank di AS dan Swiss. Terjadi di Filipina, operasi besar-besaran yang dikenal sebagai "Operasi Big Bird," untuk mengambil uang (diperkirakan US $ 7,5 miliar). Sebagai indikasi dari gaya hidup mewah berkesan Marcos secara luas diingat bahwa istrinya Imelda memiliki lebih dari 2.500 pasang sepatu.

2. Presiden Suharto



 

Datang di nomor satu pada daftar pemimpin paling korup Transparency International, Soeharto adalah Presiden Indonesia 1967-1998. Setelah pengunduran dirinya secara dipaksa, majalah Time Asia diperkirakan kekayaan keluarga Soeharto pada $ 15 miliar, dan dari $ 9 miliar diduga telah disimpan di sebuah bank Austria. Tuduhan juga dibuat bahwa sampai $ 73 miliar telah melewati pundi-pundi keluarga selama presiden Suharto. Dia meninggal pada tahun 2008, berusia 86, dan melarikan diri dr persidangan karena usia lanjut itu.

1. Pablo Escobar

 

Penjahat paling sukses yang pernah dikenal, telah dikatakan bahwa pada satu titik Pablo Escobar begitu kaya ia menghabiskan $ 1.000 dalam seminggu pada karet gelang dalam rangka untuk membungkus bundel nya uang tunai. Bisnis Escobar adalah obat - pada satu waktu kartel itu menguasai 80% dari perdagangan kokain di dunia. Pencucian uang adalah pusat kerajaan Escobar, dan resep untuk sukses adalah relatif sederhana: "Anda menyuap seseorang di sini, Anda menyuap seseorang di sana, dan Anda membayar seorang bankir ramah untuk membantu Anda membawa uang kembali" Pada tahun 1989, Escobar kekayaan pribadinya diperkirakan sebesar US $ 9 miliar, membuatnya orang terkaya ketujuh di dunia. Karir kriminal Nya - dan kehidupan - berakhir pada tahun 1993 setelah adu senjata dengan pihak berwenang Kolombia.

2 komentar:

  1. saya bersedia mencuci uang siapa saja, keprcayaan akan saya jaga dengan baik. usaha saya kontrakrotr,treding emas pada pialan berjangka, pembiayaan, intinya aman....0811683260.hendra banda aceh

    BalasHapus
  2. hubungi 0811683260 bagi anda yang ingin cuci uang saya control semua legalitasnya...selanjutnya hubungi 0811683260

    BalasHapus